Jumat, 06 November 2009

Tidak Perlu Jadi Pegawai

Sempit dan sulitnya mencari pekerjaan bagi anak bangsa dan ditambah lagi meningkatkatnya jumlah mantan karyawan,mantan pegawai, mantan buruh dan lain-lain akibat PHK mengakibatkan semakin besarnya jumlah pengangguran. Apabila terus menerus tidak ada aktivitas atau saluran untuk mendapatkan penghasilan, maka akan menimbulkan gejolak sosial di masyarakat.
Kondisi ekonomi yang dirasakan langsung oleh rakyat di negeri kita sampai dengan saat ini belum membaik ditambah lagi akibat krisis ekonomi global yang melanda dunia dan turut menghantam sektor ekonomi negara indonesia. Kehancuran ini juga telah mulai dirasakan oleh dunia usaha di indonesia.
Pengangguran yang meningkat akan mendorong meningkatnya jumlah kemiskinan diikuti kemudian dengan meningkatnya kemiskinan, meningkatnya kebodohan karena tidak adanya biaya untuk melanjutkan pendidikan, meningkatnya penyakit menular karena masyarakat tidak mampu membeli makanan yang bergizi sehingga titik akhir dari semuanya adalah terciptanya ancaman faktual terhadap kemanan dalam negeri. Masyarakat akan dengan sengaja melakukan kejahatan seperti mencuri, merampok, menjambret ataupun menipu hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Untuk masa sekarang ini atau sampai dengan beberapa tahun kedepan tentu saja pemerintah masih belum dapat diharapkan untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Masih banyak yang harus diperbaiki oleh pemerintah secara internal untuk dapat menciptakan lapangan usaha yang seluas luasnya bagi anak bangsa di negara indonesia ini.
Walaupun di beberapa surat kabar masih banyak iklan lowongan kerja, tetapi persaingan pasti semakin ketat karena proporsi antara jumlah pekerjaan dan calon pencari kerja menunjukkan ratio yang sangat berbanding terbalik. Lowongan kerja yang ada amat sangat tidak mencukui untuk seluruh pencari kerja. Belum lagi penghasilan yang ditawarkan selalu jauh di bawah kecukupan untuk membiayai kehidupan keluarga sehari-hari.
Oleh karena itu langkah jitu yang dapat kita lakukan adalah dengan menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri dan akan lebih bermanfaat lagi bila dapat menciptakan lapangan kerja untuk orang lain juga sehingga membantu mengurangi jumlah pengangguran. Hal ini dapat kita laksanakan dengan jalan berwirausaha.
Untuk memulai berwirausaha perencanaan harus dibuat dengan matang terutama mengenai pengeluaran. Jika anda membangun sebuah usaha, kenali bakat dan kemampuan anda agar anda menyukai usaha anda dan anda mempunyai nilai lebih sehingga minim pesaing tentukan usaha apa yang akan anda geluti sesuai bakat anda buat buatlah tujuan yang jelas dan terperinci agar usaha anda maju.
Tetaplah memantau pasar dan buat strategi pemasaran yang terperinci. Tips yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia saat membangun usaha kecil, dan ingin mengembangkan usaha, adalah dengan membuat nama semenarik mungkin dan mudah di ingat oleh konsumen. Buatlah slogan, logo agar usaha tetap diingat konsumen.
Beberapa hal yang juga harus anda siapkan untuk membuka usaha dengan modal yang terbatas yaitu memilih jenis usaha,membuat konsep usaha dan mempersiapkan mental. Apapun jenis usaha yang anda pilih pasti baik, asalkan anda siap menjalankannya dengan tekun. Banyak orang yang memulai usahanya dengan berjualan dipinggir jalan, tidak boleh ada kata malu, ataupun putus asa didalam kamus wirausaha. Untuk memulai sebuah wirausaha kita harus bertekad untuk tekun menjalankan bisnis ini dlama situasi dan kondisi apapun.
Anda bisa memulainya dari sesuatu yang anda sukai atau merupakan hobi anda. Karena jika anda memulainya dari sesuatu yang anda sukai sudah tentu anda pasti mudah untuk menjalaninya.Anda bisa memulainya dari sesuatu yang anda kuasai sesuai dengan latar belakang pendidikan. Anda bisa memulainya dari jaringan yang anda teman, saudara, dll. Ini akan membuat usaha anda lebih mudah berkembang.
Anda bisa mengamati pengusaha lain yang sejenis yang sudah sukses. Anda dapat bertanya secara langsung, atau mengamati bagaimana cara mereka mencapai sukses, hal-hal apa saja yang diperlukan untuk itu. Setelah anda menirunya, kembangkan dengan sisem anda sendiri, anda modifikasilah strategi mereka http://lh3.ggpht.com/_5mYqOR7S108/SVurM-3Ep8I/AAAAAAAAABY/uINe5Sa5giA/s1600-h/AG00037_8.gifdengan strategi anda sehingga mampu menghasilkan kesuksesan yang lebih baik. Mulailah usaha/bisnis dari sekarang Karena semakin cepat anda memulainya, semakin banyak pengalaman yang akan anda dapat.
Konseplah usaha anda secukupnya, detil yang terperinci memang baik tetapi ada saatnya terlalu detil justru akan membuat anda bingung dan tambah ragu untuk memulai. Sebaiknya secukupnya saja dalam membuat konsep usaha anda. Terapkan konsep secukupnya dan langsung mulai saja, biarkan konsep-konsep yang lain muncul dalam perkembangan usaha anda. kecuali modal anda besar, anda harus mempersiapkan dengan sangat matang usaha anda karena modal besar maka tingkat resiko juga lebih besar.
kombinasikan sumber yang berbeda untuk memulai bisnis dengan sukses yaitu gunakan alat dan teknologi untuk membantu memulai bisnis anda. Tentukan orang seperti apa yang anda inginkan sebagai karyawan, dan keahlian apa yang dibutuhkan dari karyawan anda. Ikuti perkembangan mengenai praktek-praktek bisnis dan juga apa yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan lain. Lakukan penelitian mengenai pola pembelian dan pola pikir pelanggan. Secara terus-menerus, lakukan penelitian terhadap kompetitor. Ingatlah mengenai apa yang membuat bisnis anda unik, siapa pembeli/target market anda, siapa kompetitor anda, dan bagaimana strategi distribusi anda. Gunakan software untuk membantu menyusun sebuah rencana bisnis (business plan).
Persiapkan mental anda sebaik-baiknya, ketika sudah memulai usaha maka selamanya anda akan dihadapkan pada untung dan rugi. Dengar, lihat, dan perhatikan segala macam hal yang dapat memotivasi anda dan jangan sekali-kali fokus pada hal-hal yang dapat menjatuhkan semangat anda.
Untuk meminimalisir kegagalan, hindari perangkap dalam mengoperasikan suatu bisnis yaitu dengan cara meggunakan mentor. Temukan orang yang berhasil dalam menjalankan suatu bisnis dan sebisa mungkin mintalah nasehatnya atau belajar daripadanya. Bacalah sebanyak mungkin buku tentang kewirausahaan, marketing, atau perencanaan bisnis. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi yang bisa anda dapat.
Mulailah membuat akun e-mail, dan buatlah situs web. Berdayakan kartu nama dan brosur yang merupakan alat yang sederhana tetapi powerful. Buatlah strategi pemasaran dengan mengumpulkan data mengenai pola pembelian target pasar anda, apa yang mereka suka, apa yang mereka beli, dan dimana mereka membelinya. Gunakan program promosi untuk menciptakan keunikan sehingga membuat orang lain tertarik dengan bisnis anda.
Persiapkan diri anda untuk menghadapi kegagalan, karena biasanya lebih dari 50% bisnis atau usaha kecil gagal dalam tahun pertama, dan 95% gagal dalam lima tahun pertama. Membuka usaha haruslah mempunyai strategi yang solid untuk menangani aspek jangka pendek dari bisnisnya, tetapi juga menjaga fokus masa depan yang cukup demi merencanakan perkembangan bisnisnya. Persiapkanlah semuanya dari awal, agar anda dapat meraih sukses dan mempunyai landasan yang kuat untuk memulai operasi bisnis anda. Jangan lupa untuk segera bangkit kembali pada saat mengalami kegagalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar