Rabu, 11 November 2009

hebatnya bhayangkari



saat menikah dulu tidak pernah terbayang bahwa kehidupan seorang istri polisi sangatlah kompleks dalam berorganisasi. walaupun tampak seperti ajang kumpul-kumpul saja, ternyata, bila dikaji dan dilaksanakan sesuai dengan juklak (buku petunjuk), organisasi bhayangkari ini sangat sempurna. apalagi dengan tujuannya meningkatkan kwalitas keluarga polisi juga meningkatkan kwalitas hidup masyarakat banyak.

awalnya ketika ikut pertemuan bhayangkari pertama kali, saya hanya terdiam. duduk manis dikursi paling depan menghadap ibu ketua dan ibu wakil ketua bhayangkari yang duduk saling berdampingan. sama sekali tidak mengerti apa yang akan terjadi di saat pertemuan rutin. seteleh beberapa acara berlangsung, saya mengambil kesimpulan bahwa pertemuan tadi hanyalah ajang silaturahmi, hanya saling kenal sambil berharap-harap cemas nama dipanggil (dapet arisan... hehe).

hampir selama beberapa tahun, kejadian tersebut berulang. cukup membosankan bagi saya karena kegiatan saat itu hanya 4D alias datang duduk diam dengar dan kemudian dapat doorprice atau dapat arisan. sepertinya waktu saya akan lebih banyak berguna dirumah bersama anak-anak.

baru setelah mendampingi suami yang waktu itu bertugas sebagai kapolsek (pemimpin paling kecil) di sebuah resort di ujung pulau sumbawa, penilaian saya terhadap bhayangkari berubah total tal tal.....
disitulah saya mulai membaca juklak. dua buah buku tebal berwarna pink yang baru saya saya dapat dari seorang pengurus di daerah. merinding....
terbagi dalam beberapa seksi yang kesemuanya berkaitan dengan peningkatan kwalitas hidup keluarga polisi. saya yakin tidak semua bhayangkari pernah membaca juklak sehingga merasakan apa yang saya rasakan beberapa tahun sebelumnya. ketidaktahuan yang menyebabkan kebosanan yang berlebih.

wah.. ternyata, tujuan organisasi ini begitu mulia. tidak hanya untuk menjaga suami setia seperti yang sering didengung-dengungkan haha. tetapi peningkatan taraf hidup, kwalitas dalam berbagai segi. peningkatan kehidupan sosial masyarakat yang peduli pada kesulitan anggotanya, serta kesulitan masyarakat umum...
seandainya juklak ini benar-benar dipahami dan dimengerti maka tidak akan ada lagi anggota bhayangkari yang malas datang pertemuan, ataupun dilarang ikut pertemuan oleh suaminya karena takut istri-istrinya hanya akan ngobrol kanan kiri tanpa tujuan.

5 komentar:

  1. well, and have you practiced them, dear?
    Saya juga percaya itu. Ibu saya yang juga seorang Bhayangkari dari seorang perwira polisi, walau jarang kulihat, kukagumi sepak terjangnya. Menolong banyak keluarga bawahan suami adalah salah satu yang diingat oleh banyak orang yang (saat itu) adalah anak buah bapak dan banyak meningkatkan kualitas hidup mereka. Padahal kebanyakan para pama itu berkutat dengan banjir, rumah bobrok, beras buluk dan lain lain.
    Namun sayang ada beberapa (cuma beberapa,koq ;), bhayangkari yang menikmati status mereka sebagai Ibu Ketua ini ketua itu seolah-olah celebrity (atau mungkin juga karena mereka menganggap diri mereka tadinya dan berasal dari selebriti? hehe, wallahualam )
    Sungguh, bila bisa memanage waktu, maka Bhayangkari pasti akan disetujui suami. Para suami yang polisi itu juga akan BANGGA karena istrinya adalah Superwoman yang penuh welas asih bagi sesama dan sumber kebahagiaan keluarga.

    BalasHapus
  2. bunda cantik.. thx commentnya. ada seorang ibu yang pernah berkata pada saya, "jadilah dirimu berkah bagi sesama," i hope i can do that.

    BalasHapus
  3. Wooowww... gampang gampang susah juga ya jadi istri polisi... salut bu :)

    Btw, buat ibu ibu yang suka shopping tapi tidak punya waktu luang karena jarak dan waktu yang tak memungkinkan... sekarang ada solusinya loh... coba deh main ke www.ipopscollections.com buat hunting tas branded dan jam tangan branded dengan harga MURAH :)

    Cheers...

    BalasHapus
  4. kenapa yah ga ada yang posting juklak bhayangkari..

    BalasHapus
  5. semoga kelak saya bisa mencontoh dan bisa menjadi contoh ketika saya mendampingi suami sebagai seorang abdi negara.. amin

    BalasHapus