Kamis, 12 November 2009

BAYI KUNING (ICHTERUS NEONATORUM)



dua hari yang lalu kami berempat, bersama dua orang teman berencana mengunjungi rekan kami yang baru saja melahirkan, namun ternyata mereka berdua sedang berada di rumah sakit karena malaikat kecil yang baru saja lahir berubah kuning.langsung saja, kami menuju ke rumah sakit yang dimaksud. setelah beberapa kali nyasar karena masih belum hafal jalan-jalan di jakarta akhirnya kami sampai juga di sebuah rumah sakit di daerah salemba.
bayi kecil mereka terlihat kuning dalam gendongan ibunya. kemudian dokter spesialis anak langganan mereka memutuskan untuk melakukan rawat inap.

munculnya warna kuning pada kulit bayi yang baru lahir, dalam dunia kedokteran biasa disebut dengan ichterus neonatorum. ichterus ini disebut normal, atau fisiologis bila munculnya pada bayi umur 3-4 hari, hilang dengan sendirinya setelah 10 hari dengan catatan saat pemeriksaan darah kadar bilirubinnya < 12 mg/dl. walaupun hampir 70% bayi mengalami hal ini, tentu saja banyak ibu-ibu muda yang akan panik karena kondisi ini.

saya ingat saat itu saya juga lumayan panik saat VINO dan MANDA mengalami ichterus neonatorum setelah dilahirkan. sampai-sampai saya memutuskan untuk mencari pendapat dari rekan-rekan saya yang sekarang sedang melanjutkan spesialisasi anak di UI dan UNAIR.. thx ya dr.amanda and dr.rinda. paling tidak saya jadi sedikit terhibur dengan apa yang mereka sampaikan. you still going to panic if your child is sick even if you're a doctor haha..
pernah beberapa bulan yang lalu saudara kami yang juga seorang midwife juga mengalami serangan panik ketika bayi mungilnya "AZRA" mengalami hal yang sama.

jadi mengapa ichterus ini muncul ???
munculnya warna kuning ini adalah sebab dari menumpuknya bilirubin dalam darah yang dikarenakan belum sempurnanya kematangan organ liver pada bayi baru lahir. belum matangnya liver menyebabkan kemampuan liver untuk memetabolisme bilirubin juga terganggu.
secara gambaran kasar, seharusnya bilirubin yang merupakan hasil pemecahan sel darah merah ini di metabolisme di liver, kemudian disalurkan ke usus dan urine untuk dibuang...

penanganannya bagaimana???
secara sederhana ibu akan dianjurkan untuk lebih banyak menyusui bayinya, dan menjemur si bayi agar kena matahari pagi paling tidak selama 15 menit. kalo tidak berhasil, si bayi harus menjalani fototerapi, penyinaran.
setelah 24 jam penyinaran, biasanya bayi yang kuning akan kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar