Kamis, 12 November 2009

SATE PADANG PASAR SANTA


sejak diajak teman makan sate padang di pasar santa, jadi ngidam pengen mengulang. jadilah Kang anam yang rela keluar malam-malam nyari sate padang di pasar santa yang jaraknya dekat dengan PTIK. beberapa saat menunggu datanglah si sate padang.
rasanya yang unik di lidah saya, mengingatkan saya dengan tumis daging sapi lada hitam, tapi kalo hidangan yang satu ini tidak sekental saus sate padang. menurut saya mungkin ada ingredient sejenis tepung di dalam saus sate padang ini, dan ternyata memang sausnya adalah campuran tepung beras, santan dan rempah-rempah... pantesan hampir mirip bubur encer hehe.

sekilas kok mirip juga rasanya dengan sate bulayak mataram, tapi.... ya beda juga sih sensasinya. sate bulayak mataram sepertinya tidak banyak menggunakan lada tapi cabe. dan yang pasti gak pake TEPUNG BERAS, ehm....
yang belum pernah merasakan sate bulayak mataram, harus coba kalau sedang singgah di mataram. biasanya sate bulayak banyak sekali dijajakan di sepanjang jalan udayana, tepat di depan bandara selaparang atau di suranadi, salah satu tempat wisata dimataram.

begitu mendengar saya mengatakan dua jenis sate itu rasanya agak sama,Kang anam langsung protes gak setuju, kang anam bilang sih sate padang dan sate bulayak sama sekali gak sama.... sate padang terasa aneh dilidah jawanya yang terbiasa dengan sate kambing dengan kecap manis yang dilengkapi dengan irisan tomat, bawang merah dan cabe rawit, hehe.. sedangkan sate bulayak lebih bisa diterima karena rasanya yang mirip sambel goreng hati.

whatever... yang jelas, puas sekali malam ini bisa menikmati sate padang untuk yang kedua kalinya... sampai lupa kalo sedang diet hehe. thx ya pa... maaf tak bersisa hehe.

gambar sate diambil dari http://extraculinary-me.blogspot.com (soalnya lupa ambil foto sate padangnya, keburu habis, hehe...)

2 komentar:

  1. Ajo Ramon? Kami sering ke situ kalo nggak punya lauk dan lewat Santa karena kemalaman, hahaha...
    Enak, juga. Tapi menurut lidahku, yang kata temanku adalah "Lidah ke Eropa an" ini : Pedhasyyy!!
    (Padahal mana ada Sate Padang yang nggak spicy, ya Dhew?) hehe..
    Tapi buat yang senang Sate Padang, memang nama ini ngetop koq. Ada di banyak tempat.


    :) Keep on blogging!
    Esti.
    www.jalanjalansemauku.blogspot.com

    BalasHapus