Rabu, 18 November 2009

AIR HUJAN DAN DEMAM

Saat musim hujan datang berarti saatnya bermain bagi anak-anak, terutama yang tinggal di pedesaan. bagi anak-anak, bermain dibawah hujan merupakan kegiatan yang menyenangkan. tidak cuma anak-anak, di kota mataram tempat kami tinggal dulu bila musim hujan tiba, pemuda-pemudinya yang masih bujang keluar bermain air, saling bercanda dan berkenalan (ajang cari jodoh..hehe). tidak jarang mereka juga berbekal shampoo saat bermain air hujan, jadi sambil jalan mengobrol di bawah air hujan mereka bisa sambil keramas hehe.. sungguh pemandangan yang sangat lazim saat musim penghujan di kota mataram.

walaupun agak mengkhawatirkan menurut saya, anak-anak memang perlu merasakan nikmatnya bermain hujan. karena itu saya juga mengijinkan vino dan manda melompat-lompat, bermain dan tertawa riang di bawah siraman air hujan sekali waktu. dan sebagai orang tua tentu saja kita perlu lebih waspada terhadap kondisi yang mungkin terjadi setelah anak kita berhujan-hujan ria...

yang pertama adalah munculnya gejala demam pada anak-anak.
demam ditandai dengan meningkatnya suhu badan anak, baik dengan cara perabaan maupun bila diukur dengan termometer. saat anak demam perhatikan apakah anak terlihat sangat lemah, atau masih bisa beraktifitas seperti biasa. pada saat demam, anak cenderung lebih gelisah, bila demam terlalu tinggi dan tidak di berikan pengobatan bisa menyebabkan terjadinya kejang.

yang harus segera dilakukan di rumah adalah memberikan kompres air pada anak. kompreslah anak dengan menggunakan air yang sejuk, atau sedikit hangat. jangan pernah menggunakan air es ataupun alkohol untuk mengompres karena dapat merangsang meningkatnya suhu tubuh.

jangan pula memakaian pakaian yang tebal kepada anak saat demam karena mengambat pengeluaran hawa panas bahkan dapat meningkatkan suhu badan.

perbanyak memberikan minuman kepada anak untuk menghindari dehidrasi. pada masa tubuh demam badan akan berkeringat lebih banyak. masuknya cairan juga sangat penting untuk membantu badan meregulasi demam.

obat penurun panas diberikan agar anak dapat lebih merasa nyaman. pilihlah obat penurun panas yang mengandung salah satu dari bahan berikut :
  1. acetaminophen, ex : paracetamol, tempra, panadol
  2. ibuprofen
  3. jangan memberikan aspirin kepada anak karena dikhawatirkan dapat menyebabkan reye's syndrome
sesuaikan dosis berdasarkan berat badan anak, lihat aturan yang tertera di botol;
perlu diingat bahwa obat penurun panas tidak mengobati penyebab demam namun menurunkan demam sehingga membuat anak lebih nyaman.
bila demam lebih dari 38 derajat celcius dan tidak mengalami perbaikan selama 3hari, segera bawa anak anda ke dokter. beritahukan pengobatan yang telah anda berikan kepada dokter, agar dokter dapat menentukan langkah selanjutnya.

berikut adalah tips sederhana pencegahan agar kesehatan anak tidak terganggu setelah bermain air hujan :
  1. mandikan anak dengan shampo, sabun anti kuman dan air hangat segera setelah bermain air hujan.
  2. segera keringkan rambut dan badan dengan handuk bersih
  3. bubuhi seluruh badannya dengan minyak kayu putih
  4. pakaikan baju yang hangat
  5. segera berikan makanan dan minuman yang hangat untuk membantu pertahanan badannya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar