Rabu, 11 November 2009

game online dan gagal ginjal


persaingan semakin ketat saja di jagad online, mulai dari main kartu online, simulasi owner restoran, berlagak mafia sampai dengan piara ikan dan baby zoo. interaksi dengan banyak manusia di dunia semakin menambah keasyikan memainkan setiap game online.
sampai-sampai sekali bermain bisa berjam jam. lupa makan, lupa minum, lupa mandi. yang paling parah bela-belain nahan pipis supaya bisa tetep fokus main game online haha.

mungkin gak akan ngefek sekarang, tapi lama kelamaan kalo terus-terusan nahan pipis, otot-otot detrusor kandung kencing akan semakin meregang. semakin lama semakin gak bisa nahan lagi jumlah air seni yang ditampungnya. kalo sudah begitu air seni akan refluk ke atas (mbalik ke ginjal melalui saluran yang namanya ureter.

wah... kl sudah begini bahaya sekali, pelan-pelan air seni yang membawa racun-racun yang harusnya dikeluarkan ini akan merusak ginjal secara mekanik, dan juga meracuni badan karena ginjal sebagai saringan jebol. akhirnya ujung-ujungnya bisa didiagnosa sebagai gagal ginjal.

gak enak sekali loh, jadi penderita gagal ginjal.kl sudah parah banget, seorang penderita gagal ginjal akan sering merasa lemas, gatal-gatal di kulit, kulit kering, anemia, gak bisa tidur... semua karena keracunan kotoran yang harusnya dikeluarkan oleh ginjal.belum lagi penampakan orang gagal ginjal yang khas, yaitu kulit tipis, kulit berwarna kehitaman campur kekuningan.u'll never forget, setelah sekali aja ketemu penderita, selanjutnya pasti bs menebak ketika bertemu orang dengan penderitaan yang sama.

penngobatannya selain menstabilkan kembali metabolisme tubuh, ya cuci darah. mahal sekali, apalagi kalau harus dilakukan seminggu 3x. walaupun sekarang ada CAPD, continous ambulatiry peritoneal dialisis (cuci darah sendiri di rumah) dengan cara dipasangin selang d perut, untuk cuci darah sendiri sebanyak 4x sehari, tetap saja hidup tidak akan sama lagi.

so.. berhati-hatilah saat memainkan game online, jangan membahayakan diri sendiri dikemudian hari karena menahan kencing saat asyik bermain.

2 komentar: